Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Talas

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Talas – Tanaman talas merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam tanaman bersifat monokotil atau biji berkeping dua dengan sistem perakaran bersifat serabut berukuran pendek dan biasanya tumbuh secara liar. Tanaman talas ini tergolong ke dalam marga alismateles dengan anggota keluarga dari famili araceae, talas ini diduga berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Talas

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Talas

Tanaman talas ini merupakan tanaman umbi – umbian yang dapat dengan mudah ditemukan di tanah lembab maupun berair dan berlumpur yaitu di daerah – daerah pedesaan. Tanaman talas mempunyai batang yang berwarna cantik yaitu keunguan dengan daun berukuran lebar – lebar dan umbi berwarna kecoklatan dengan rata – rata berat mencapai 1 s/d 3 kg bahkan lebih dan mampu tumbuh dengan subur. Berdasarkan penelitian dari pakar botani, tanaman talas ini bisa diklasifikasikan dan moroflogi diantaranya sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Talas

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Alismatelas
  • Famili : Araceae
  • Genus : Colocasia
  • Spesies : Colocasia Esculenta L

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Teratai

Morfologi Pada Tanaman Talas

Morfologi  talas dapat dilihat berdasrkan atas ciri – ciri tanaman tersebut di bawah ini antara lain sebagai berikut :

1/Morfologi pada bagian akar

Akar pada tanaman talas bersifat serabut, yang tersusun dari perakaran yang memiliki sifat adventif dengan tumbuh regak mencapai kedalaman sekitar 10 s/d 20 cm bahkan lebih.

2/Morfologi pada bagian batang

Batang pada tanaman talas berbentuk bulat memanjang dengan panjang mencapai rata – rata 50 s/d 60 cm bahkan ada yang lebih yang mana batang tanaman ini memiliki warna cantik yaitu keunguan agak kehitaman hingga kecokelatan dan memiliki bulu – bulu halus yang mampu tumbuh dengan tegak dan juga mempunyai percabangan daun tunggal.

3/Morfologi pada bagian daun

Daun tanaman talas ini adalah memiliki daun sempurna atau lengkap dengan bentuk melebar mencapai ukuran rata – rata yaitu 50 s/d 60 cm bahkan ada yang lebih dengan warna daun adalah hijau muda hingga tua. Daun talas merupakan daun tunggal dengan tangkai panjang berwarna keunguan atau kecoklatan dan pangkal daun meruncing. Di samping itu daun talas juga memiliki bagian tepi rata dengan pertulangan daun yang besar atau menonjol yang berbentuk menjari berwarna keputihan agak kotor.

4/Morfologi pada tanaman bunga

Bunga tanaman talas ini memiliki ukuran rata – rata 10 s/d 30 cm dengan ukuran seludang antara 10 s/d 30 cm dan berwarna hijau hingga kemerahan. Juga bunga ini terdiri dari beberapa tongkol yaitu tangkai dan seludang. Bunga tanaman ini secara fisik terpisah dengan bunga jantan dan betina yang terletak pada bagian bawah dan atas. Penyerbukan bakal buah ini akan dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara melakukan penyerbukan sendiri dengan bantuan angin dan dengan cara bantuan hewan – hewan sekitar dengan melekatkan bunga jantan dan bunga betina.

Seperti dijelaskan tersebut di atas, tanaman talas dapat diperbanyak dengan menggunakan umbiannya namun harus menyesuaikan terhadap kondisi lahan maupun kebun agar tetap lembab dan basah. Dengan kondisi seperti ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman talas. Selain itu tanaman ini juga berguna dan bermanfaat guna menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara umum.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman talas, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan mampu mengenal tanaman ini dengan mudah.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *