Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Lengkuas

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Lengkuas – Saat ini lengkuas cukup banyak dimanfaatkan baik itu untuk kesehatan ataupun dalam ragam masakan khas Indonesia sebagai rempah penyedap. Diketahui bahwa lengkuas mengandung transkoniferil disasetat yang bisa digunakan untuk mencegah tumor di samping itu cukup manjur digunakan untuk mencegah penyakit radang.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Lengkuas

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Lengkuas

Lengkuas banyak dimanfaatkan untuk obat anti mabuk kendaraan apabila sedang dalam perjalanan jarak jauh. Seperti dijelaskan tersebut di atas, lengkuas merupakan rempah yang dimanfaatkan untuk menambah aroma dan cita rasa gurih dalam masakan yang mana jenis masakan yang memanfaatkan rempah ini adalah rending, sayur asem, ragam masakan balado, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit

Klasifikasi Tanaman Lengkuas

Klasifikasi tanaman lengkuas antara lain sebagai berikut :

  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida/ monokotil
  • Sub kelas : Commelinidae
  • Ordo : Zingiberales
  • Famili : Zingiberaceae
  • Genus : Alpinia
  • Spesies : Alpinia Galanga L

Ciri – Ciri Dari Morfologi Tanaman Lengkuas

Karakteristik  morfologi  dari  tanaman  lengkuas / laos ini antara lain sebagai berikut :

Moroflogi batang pada tanaman lengkuas

Batang yang dimaksudkan dalam hal ini adalah merupakan terna yang memiliki umur panjang dengan tinggi kurang lebih 1 s/d 2 meter bahkan dapat mencapai 4 meter lebih. Pada umumnya mampu tumbuh dalam rumpun yang cukup rapat dengan kondisi batang tumbuh tegak tersusun oleh beberapa pelepah daun yang sudah bersatu untuk selanjutnya membentuk batang semu dengan warna hijau agak keputih – putihan.

Batang muda tanaman ini keluar sebagai tunas dari pangkal batang yang sudah berusia tua. Tanaman lengkuas putih pada umumnya memiliki ketinggian lebih besar dibandingkan dengan lengkuas yang berwarna merah. Tanaman lengkuas berwarna putih dapat mencapai ketinggian sekitar 3 meter sedangkan untuk lengkuas berwarna merah biasanya hanya sampai 1 s/d 2 m saja.

Morfologi daun pada tanaman lengkuas

Daun tunggal pada tanaman ini memiliki warna hijau terang bertangkai pendek dan tersusun secara berselang – seling. Daun pada bagian bawah dan atas umumnya lebih kecil daripada yang berada di tengah. Rata – rata bentuk daunnya lanset memanjang dengan ujung agak runcing pada bagian pangkalnya agak tumpul dan bagian tepi daun cukup rata. Pertulangan daunnya berbentuk menyirip dengan panjang daun sekitar 20 s/d 60 cm dan lebar 4 s/d 15 cm beralur teratur dan berwarna hijau. Pelepah daun yang bersangkutan akan saling menutup lalu membentuk batang – batang semu dengan warna hijau.

Morfologi bunga pada tanaman lengkuas

Bunga yang dimaksudkan disini adalah bunga yang bersifat majemuk yang berbentuk lonceng memiliki bau harum dan berwarna putih kehijauan hingga putih kekuningan. Masing – masing bunga terdapat tandan yang berisikan gagang berukuran cukup panjang dan ramping terletak tegak dibagian ujung batang.

Bunga memiliki ukuran sekitar 10 s/d 30 cm x 5 s/d 7 cm yang mana jumlah bunga pada bagian bawah tandan lebih banyak dibandingkan bunga pada bagian atas sehingga tandan tampak berbentuk piramida memanjang. Panjang bibir bunga sekitar 2,5 cm dengan warna putih bersih dan bergaris miring berwarna merah muda pada masing – masing sisi. Mahkota bunga yang dalam keadaan kuncup dibagian ujungnya berwarna putih sedangkan untuk bagian pangkalnya berwarna hijau yang memiliki bau cukup harum.

Morfologi buah tanaman lengkuas

Buah tanaman ini termasuk ke dalam tipe buah buni yang memiliki bentuk bulat dan agak keras. Saat buah masih berusia muda akan mempunyai warna hijau agak kekuningan namun setelah tua warnanya berubah menjadi hitam kecoklatan dengan diameter kurang lebih 1 cm namun ada juga yang warna buahnya merah kehitaman dengan biji berukuran kecil – kecil berbentuk lonjong.

Morfologi rimpang tanaman lengkuas

Rimpang tanaman lengkuas berukuran cukup besar dan tebal serta berdaging dengan membentuk silindris berdiameter sekitar 2 sampai 4 cm serta dalam keadaan bercabang – cabang yang mana pada bagian luar rimpang ini memiliki warna coklat agak kemerahan atau kuning kehijauan agak pucat bersisik berwarna putih kemerahan yang terlihat keras mengkilap. Sedangkan pada bagian dalam rimpang memiliki warna putih untuk daging rimpang yang sudah tua berserat kasar.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman lengkuas, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *