Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandum

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandum – Gandum merupakan salah satu jenis tanaman serealia dari kelompok kindom plantae yang kaya akan kandungan karbohidrat. Secara umum gandum dimanfaatkan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, dan juga difermentasi untuk bisa menghasilkan senyawa alkohol.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandum

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandum

Gandum adalah salah satu jenis makanan yang cukup sering digunakan terkhusus oleh para wanita karena memiliki kandungan yang sangat bagus dan kaya manfaat kesehatan terutama untuk mengobati penyakit – penyakit kronis seperti jantung koroner, hipertensi, jantung dan diabetes.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pir

Pengertian Gandum Menurut Para Ahli

Ada beberapa definisi gandum menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Menurut Ballard (2009) mendefinisikan gandum adalah biji padi – padian yang memiliki nutrisi terbanyak dibandingkan dengan biji padi – padian lainnya.
  2. Menurut Dinas Pertanian (2010) mendefinisikan gandum adalah salah satu komoditi pangan alternatif yang tersedia dalam rangka mendukung ketahanan akan pangan serta diversifikasi pangan. Yang mana saat ini diversifikasi pangan adalah yang paling berhasil seperti terigu karena pemanfaatannya cukup luas dalam beragam kemasan siap saji dan praktis.
  3. Menurut Wikipedia mendefinisikan gandum adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi – padian yang banyak mengandung karbohidrat dan biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol.

Klasifikasi Gandum

Adapun klasifikasi gandum ini antara lain sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Poales
  • Famili : Poaceae
  • Genus : Triticum L.

Ciri Morfologi Tanaman Gandum

Untuk karakteristik morfologi dari tanaman gandum ini antara lain :

1. Biji dari tanaman gandum

Biji – biji pada tanaman gandum mempunyai panjang sekitar 6 s/d 8 mm dengan diameter yaitu 2 s/d 3 mm dan mempunyai bentuk oval.

Biji – biji gandum juga mempunyai tekstur yang cukup keras sama halnya dengan tanaman serealia lainnya.

Yang mana biji – biji dari tanaman gandum dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu pada bagian kulit disebut dengan nama bran, lembaga dan endosperma. Dalam biji bersangkutan terdapat cadangan makanan yang banyak mengandung lemak yaitu lembaga.

2. Akar, batang, dan daun gandum dari tanaman gandum

Definisi batang pada tanaman gandum mempunyai bentuk beruas – ruas dengan jumlah 6 ruas pada yang dikenal dengan istilah tia malai.

Tumbuhan gandum termasuk ke dalam keluarga gramineae sehingga tanaman gandum ini memiliki sistem perakaran serabut.

Tanaman gandum memiliki bentuk daun yang tegak dan melengkung tergantung dari jenis varietasnya dan memiliki bentuk bergaris menyerupai pita.

3. Bunga gandum dari tanaman gandum

Tanaman gandum merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki bentuk bunga majemuk. Bentuk malai gandum mirip dengan bunga atau spikelet yang saling bertumpuk yang mana pada masing – masing spikelet terdapat kulit arid an bulir dan dari masing – masing bulir terdapat batang yang berukuran sangat kecil.

Selain itu tumbuhan gandum juga merupakan salah satu tanaman yang mampu melakukan penyerbukan sendiri sehingga bunga tanaman gandum dapat mekar sesudah malai muncul beberapa hari sebelumnya.

Pembungaan yang dilakukan pada tanaman gandum bergantung pada musim karena pembungaan yang dimaksudkan dapat terjadi cukup lama ketika musim dingin tiba.

Manfaat Gandum

Adapun secara garis besar fungsi dan manfaat gandum untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :

Melancarkan pencernaan, untuk media diet, baik dalam menjaga kesehatan jantung, dan mengobati penyakit kolesterol.

Tanaman gandum ini termasuk ke dalam kelompok tanaman serealia yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat sebagai salah satu bahan baku pembuatan roti dan mie, tanaman gandum juga mempunyai manfaat sebagai bahan baku utama industri makanan dan pakan untuk hewan ternak.

Sebagai salah satu upaya untuk bisa mengurangi impor gandum, maka perlu adanya tindakan perluasan budidaya tanaman gandum di Indonesia sebagai salah satu upaya untuk bisa memenuhi kebutuhan gandum yang nantinya bisa dengan mudah diproses menjadi tepung terigu. Namun saat ini tumbuhan gandum di Indonesia hanya ditanam dalam skala kecil untuk dikonsumsi sendiri.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman gandum, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *