Pengertian Tunas Tanaman : Fungsi dan Contohnya

Pengertian Tunas Tanaman : Fungsi dan Contohnya - Pengertian Tunas Tanaman adalah bagian dari tumbuhan yang baru tumbuh dari kuncup yang berada di atas permukaan tanah/ tumbuhan. [caption id="attachment_22" align="aligncenter" width="750"]Pengertian Tunas Tanaman  Fungsi dan Contohnya Pengertian Tunas Tanaman Fungsi dan Contohnya[/caption] Tunas dapat terdiri dari batang, daun muda, atau calon buah dan calon bunga. Tunas adalah pucuk tanaman embrionik. Sebagian besar dari tunas, diklasifikasikan menurut kriteria yang berbeda-beda, seperti tempatnya dan fungsinya. Berikut adalah jenis tunas tanaman berdasarkan klasifikasi dari tempat :
  • Tunas Terminal: Tunas ini diapit oleh bakal daun (primordium) dan terletak di ujung batang yang memungkinkan tumbuhan tumbuh ke atas.
  • Tunas Adventif: Tunas yang keluar dari tempat yang bukan biasanya atau bisa disebut tunas abnormal.
Jenis tunas tanaman berdasarkan fungsinya:
  • Tunas Vegetatif: Proses perkembangbiakan yang terjadi tanpa melalui proses penyerbukan atau pembuahan.
  • Tunas reproduktif: Proses perkembangbiakan tumbuhan baru dari tumbuhan induknya
Fungsi utama dari tunas tanaman sendiri adalah sebagai tempat dimana terjadinya pertumbuhan pada tumbuhan, dengan kata lain sebagai berkembang biaknya tanaman. Dalam batang pada tumbuhan, terdapat dua jenis tunas, yaitu tunas aksila dan tunas terminal.Tunas aksila tumbuh pada sudut antara daun dan batang tumbuhan. Batang berperan untuk menopang dan konduksi.Proses perkembangan/pertumbuhan tunas ini sendiri berhubungan kuat dengan letak jaringan tumbuhan itu sendiri. Jika tunas ada pada kondisi yang normal, tunas akan dapat tumbuh secara normal pada bagian ujung tumbuhan. Asupan nutrisi yang cukup dan memadai akan menjadi salah satu unsur utama yang digunakan untuk membentuk sebuah tunas baru. Oleh hal tersebut jaringan akan sangat berperan aktif dalam pembentukan tunas adalah jaringan meristem. Terdapat banyak jenis tanaman yang berkembangbiak dengan cara bertunas, berikut adalah beberapa contoh tanaman yang berkembangbiak dengan tunas:
  • Bambu
Tunas pada bambu ini sering disebut sebagai rebung. Dimana rebung seringkali digunakan sebagai bahan makanan masyarakat Indonesia dan juga Asia. Salah satu makanan yang menggunakan rebung adalah lumpia. Rebung sering kali dijadikan isi dari lumpia yang sering kita makan. Selain itu, masyarakat Jawa Tengah sering kali menggunakan rebung sebagai bahan sayur.
  • Tebu
Tebu sering kali diolah menjadi gula dan vetsin atau MSG. Tebu ini sendiri hanya dapat tumbuh di daerah yang beriklim tropis.Tunas tebu hingga menjadi tebu yang dapat dipanen bisa memerlukan waktu hingga 1 tahun. Di Indonesia, tebu banyak dikembangbiakan di pulau Jawa dan Sumatra, yang sering dibuat menjadi minuman tebu.
  • Cocor Bebek
Cocor bebek adalah tanaman sukulen dalam artian mengandung air yang berasal dari Madagaskar. Tanaman ini terkenal karena metode produksinya yang menggunakan tunas, namun tumbuhnya tidak normal (tunas adventif).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *