Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Teratai

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Teratai – Yang dimaksudkan dengan tanaman bunga teratai adalah salah satu jenis tanaman hias yang hidup dengan subur hanya pada permukaan air atau mengambang di atas air. Sehingga tanaman ini sangat membutuhkan kelembaban yang sangat tinggi.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Teratai

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Teratai

Tanaman bunga teratai berasal dari daratan Asia yang sangat mudah dijumpai di kolam – kolam atau tumbuh liar di rawa – rawa maupun sungai – sungai yang memiliki air yang jernih dan dangkal. Di Indonesia bunga teratai sering dijumpai sebagai salah satu tanaman hias untuk kolam – kolam di taman – taman dengan memiliki bunga yang sangat indah menambah kecantikan dari kolam di sekitarnya.

Adapun tanaman yang tergolong ke dalam famili nymphaeales ini memiliki klasifikasi sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Bunga Teratai / Nymphaea Spp

Klasifikasi Tanaman Bunga Teratai

(Nymphaea Spp)

Kingdom Plantae
Sub Kingdom Viridiplantae
Infra Kingdom Streptophyta
Super Divisi Embryophyta
Divisi Tracheophyta
Sub divisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
Super ordo Nymphaeanae
Ordo Nymphaeales
Famili Nymphaeaceae
Genus Nymphaea L
Spesies Nymphaea Alba L

Morfologi Tanaman Bunga Teratai / Nymphaea Spp 

Morfologi teratai yang terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga, adapun morfologinya adalah sebagai berikut :

1/Morfologi akar bunga teratai / nymphaea spp

Meskipun tanaman hias yang satu ini tumbuh pada permukaan air namun akar tanaman ini menancap kuat ke dasar kolam sehingga bisa difungsikan sebagai pencengkram tanaman agar tidak terbawa oleh arus, yang mana bunga teratai memiliki akar yang berongga. Akar pada tanaman ini kurang mampu berkembang dengan baik karena tidak memiliki bulu akar atau tudung akar.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Lengkuas

2/Morfologi batang bunga teratai

Batang yang dimiliki oleh tanaman teratai bermanfaat untuk menopang daun agar mau mengapung dengan ringan di atas permukaan air, karena sebagian besar batang – batang teratai berada di bawah permukaan air. Batang bunga teratai memiliki fungsi untuk menyerap unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman selain yang berasal dari batang itu sendiri yang memiliki rongga – rongga yang dipenuhi oleh udara di dalamnya.

3/Morfologi daun pada tanaman bunga teratai

Daun bunga teratai memiliki bentuk bulat dan lebar namun tipis – tipis dan memiliki warna hijau yang mana pada tepian daunnya memiliki bentuk bergerigi. Daun tanaman teratai ini mampu tumbuh dengan baik dengan cara merambat dengan kondisi tanaman memiliki tulang daun kecil – kecil seperti umumnya tanaman hias di air. Daun tanaman teratai juga memiliki lapisan yang bermanfaat untuk membersihkan diri dari kotoran.

4/Morfologi bunga pada tanaman bunga teratai

Tanaman bunga teratai mempunyai bunga teratai yang mampu tumbuh tegak dan kuat pada tangkai bunga yang merupakan perpanjangan dari rimpang tanaman. Bunga teratai memiliki kelopak bunga yang banyak dan berlapis – lapis di samping mempunyai warna yang indah, warna pada umumnya bergradasi dari warna merah muda dan memutih sampai ke ujung bunga teratai yang dimaksudkan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman teratai, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *