Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pir

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pir  – Pir adalah sebuah tanaman buah yang memiliki spesies pyrus communis dan termasuk pada golongan dari tumbuhan rosaceae.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pir

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pir

Genus tanaman pyrus ini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh manusia yang daging buahnya mengandung banyak nutrisi seperti selenium, seng, fosfor, zat besi, kalsium, betain, kolin, asam pantotenat, niasin, vitamin E, dan Vitamin A. Sehingga dari sini buah ini sangat bermanfaat untuk orang – orang yang ingin mencegah terserang penyakit ganas seperti kanker di dalam tubuh mereka.

Baca juga : Pengertian Tunas Tanaman

Tidak hanya terkenal karena bermanfaat bagus buat menjaga kesehatan tubuh saja, buah ini juga menjadi salah satu buah meja yang enak dicicipi karena berasa segar.

Nah berbicara dengan buah pir, maka disini anda akan kami ajak untuk mengenal klasifikasi dan morfologi dari tanaman buah pir, silahkan menyimak ulasan singkat dari kami tersebut di bawah ini.

Klasifikasi Tanaman Pir

klasifikasi pir bisa anda simak seperti yang kami tulis di bawah ini :

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Tracheobionta
  • Divisi : Spermatophita
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Sub kelas : Rosidae
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Rosaceae
  • Genus : Pyrus
  • Spesies : Pyrus Communis

Morfologi Tanaman Pir

1. Morfologi daun tanaman pir

Tanaman ini mempunyai daun yang biasanya rimbun dan cukup banyak yang mana daun dari tanaman pir ini berselang – seling dan memiliki bentuk yang lonjong serta agak lebar.

Jika diperhatikan dengan lebih seksama, daun dari tanaman bir berbentuk membujur yang panjang atau lanceolate dan sedikit langsing. Warna daun adalah hijau cerah dan memiliki buli yang sedikit berwarna keperakan.

Untuk panjang daun buah pir ini bisa mencapai sekitar 2 hingga 12 Cm dan yang membuat tanaman ini unik adalah daun yang rimbun akan mengalami kerontokan ketika sedang musim dingin atau dikenal dengan istilah deciduous.

Meskipun demikian, pada sisa sepanjang tahun masih terlihat beberapa lembar daun yang berwarna hijau segar yang mana hal ini erat hubungannya dengan tanaman ini mempunyai dua spesies di bagian Asia Tenggara sehingga daunnya masih kelihatan hijau di sepanjang tahun.

2. Morfologi bunga tanaman pir 

Bunga dari tanaman pir mempunyai warna putih dengan agak sedikit merah jambu atau sedikit bercorak kekuningan . Pada umumnya bunga tanaman pir memiliki 5 mahkota bunga yang lebih mekar di bulan April dan disertai dengan diameter yang dapat mencapai 2 hingga 4 Cm.

3. Morfologi buah tanaman pir

Buah tanaman ini memiliki tipe pome berdiameter kisaran 3 hingga 8 Cm dan mempunyai bentuk yang beragam. Namun sebagian besar dari buah pir menghasilkan sebuah buah yang memiliki bentuk bulat atau bentuk yang besar pada bagian bawah serta agak langsing dibagian pangkal buah.

Kebanyakan di negara Indonesia memiliki buah pir yang berbentuk lonjong pada bagian bawah buah dan jika anda merasakan daging buah ini maka rasanya manis – manis masam dan agak kasat berair banyak berwarna putih kusam sehingga cocok dimanfaatkan sebagai buah meja.

4. Morfologi biji tanaman buah pir

Biji – biji yang dimiliki oleh tanaman buah pir memiliki sifat dapat menghubungkan dengan sifat tembuni merupakan sebuah tangkai buah pir yang dikenal dengan istilah tali pusar atau funiculus. Pada umumnya buah pir ini memiliki warna hijau agak kehitaman yang berada di bagian tengah pangkal buah.

Demikian kami menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman pir, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang tertarik dengan tanaman ini.

Baca juga : Cara Stek Tanaman Asam Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *