3 Cara Mengelola Banyak Blog yang Menghasilkan

Cara Mengelola Banyak Blog yang Menghasilkan – Apabila kita mengelola satu atau mungkin beberapa blog, memang tidak terlalu sulit, namun bagaimana jika kita mengelola banyak blog?

3 Cara Mengelola Banyak Blog yang Menghasilkan

3 Cara Mengelola Banyak Blog yang Menghasilkan

Ada mungkin akan membuat kita menjadi keteteran dalam mengelolanya. Apabila sudah seperti ini, tidak ada salahnya apabila kita mulai menggunakan jasa pihak lain, seperti jasa SEO, artikel, optimasi, dan sebagainya. Hal yang biasanya menyita waktu dalam mengelola banyak blog adalah membuat konten atau artikel dan optimasi, baik onpage maupun offpage.

Cara untuk mempermudah cara mengelola banyak blog adalah dengan outsourcing. Outsourcing adalah penggunaan tenaga dari pihak ketiga untuk membantu menyelesaikan pekerjaan tertentu.

  1. Outsourcing penulisan artikel

Menggunakan jasa penulisan artikel memang sangat menghemat waktu dan tenaga, misalnya dalam 1 jam kita dapat menyelesaikan1 artikel saja, sedangkan kita harus mengupdate 10 blog, maka waktu tidak akan terkejar karena kita memerlukan 10 jam untuk mengerjakan 10 artikel sendiri. Namun apabila kita menggunakan pihak lain, ada beberapa yang merasa tidak yakin, dibalik menghematnya waktu dan tenaga, diantaranya seperti ragu dengan kualitas artikel yang dihasilkan, takut bahwa artikelnya menjadi tidak bagus, dan juga biaya untuk membayar. Ada 2 cara outsourcing artikel, yaitu dengan memperkerjakan penulis/writer dan menggunakan jasa pembuatan artikel.

Baca Juga : Platform CMS Terbaik Untuk Membuat Toko Online

  1. Memperkerjakan asisten

Kita dapat menggunakan jasa asisten atau dapat dikatakan dengan virtual asisten, dimana kita dapat memberikan tugas seperti memposting hasil beli ke banyak blog, dengan sambil merapihkan format artikel yang akan diposting, menambahkan image ke dalam artikel, setting internal link antar artikel, menyebarkan artikel ke sosial media. Namun disamping itu, ada beberapa training yang dapat diberikan pada asisten yang belum memiliki pengalaman tentang blogging, diantaranya seperti cara menggunakan cms wordpress, cara format artikel blog, cara mencari gambar dari website free stock photo, memberi kredit link, resize dan rename image, setting alt image, cara setting internal link yang satu topik (silo struktur sederhana), cara menggunakan sosial media untung menyebarkan artikel. Sedangkan untuk tugas off page, yang dapat dikerjakan oleh asisten diantaranya adalah memposting hasil di PBN yang telah dibuat, setting link di PBN, posting artikel dengan backlink di PBN, membuat backlink di tempat lain, outreach/ menghubungi blog lan untuk keperluan backlink guest post.

  1. Menggunakan jasa SEO

Daripada kita membuang waktu dan juga dibutuhkan untuk optimasi off page, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa SEO. Ada 2 jenis jasa yang dapat digunakan, yaitu jasa backlink yang hanya memberikan jasa untuk membuat backlink di blog milik mereka, jaringan PBN, di tempat lain, dsb, tanpa adanya optimasi tambahan, dan jasa SEO profesional yang biasanya meliputi banyak hal, mulai dari audit website beserta saran optimasi, optimasi fanpage, optimasi sosial media, dan sebagainya.

Baca Juga : Negara dengan Koneksi Internet Tercepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *